Mudik Motoran Rasa Nano-Nano



Kala itu di masa libur lebaran 2016.....


Kharin, masih ada niat mudik naik motor gak?”
Wah lu mau mudik motoran mas? Gue kalo diajak ya dengan amat sangat senang hati mas.

Begitulah kira-kira percakapan gue dan Mas Tri di pertengahan Juni 2016. Mas Tri, temen sekampus dan teman mendaki yang kebetulan teman satu kampung juga, nawarin mudik naik motor. Setelah minta restu dari berbagai pihak, akhirnya tanggal 3 Juli 2016 kami mengawali cerita baru ‘mudik motoran’. Aseeeeek (sambil joget-joget).

Tanggal 3 Juli 2016
Kita berangkat dari rumah Mas Tri di daerah Cilandak jam 06.30 dengan modal peta, GPS, dan nekat. Kami berdoa agar perjalanan lancar dan kami bisa sampai dengan selamat. Aamiin.
Peta Jalur Mudik
Saat kita memasuki daerah Kalimalang ternyata udah banyak pengendara motor dengan bawaan seabrek yang nandain mereka itu pemudik. So, strategi pertama, ngikutin motor pemudik.

Ngelemesin otot dulu di Karawang. Bokong udah panas bro padahal baru 3 jam

Kemudian kita melewati daerah Karawang, Subang dan merapat di Indramayu untuk shalat Dzuhur. Di pinggiran jalan, banyak orang berjejer bawa sapu lidi sambil nyapu dan dipukul-pukulin keaspal pinggir jalan. Maksudnya buat bersihin jalan (walaupun menurut gue jalanan ga kotor) sekaligus minta sumbangan. Terus juga ada banyak anak kecil yang ngelap-ngelap motor di parkiran. Orang Indonesia emang pinter baca peluang bisnis. Hehehe.

Selesai shalat Dzuhur dan istirahat sejenak, kita mulai perjalanan lagi dan sampailah di gardu Selamat Datang – Cirebon. Aaah kalo ngeliat kondisi jalan yang macete pol, harus banyak-banyak bersabar. Di perjalanan menuju Brebes, kami istirahat beberapa kali dan saat menjelang maghrib jam 17.30, kita berhenti untuk buka puasa (bukan kita deng, maksudnya Mas Tri aja hehe). 

Istirahat sejenak buat buka puasa

Jam 18.45, kita mulai jalan lagi menyusuri kemacetan. Aaah, perut udah meronta-ronta tapi para pedagang udah pada tutup karena makanan udah ludes diserbu pemudik. Akhirnya jam 20.00 kita nemuin warung makan pecel. Untuk harga, porsi dan rasa? Fiuuh.. jangan ditanya. Untung lagi baper eh laper, semua berasa enak. So, tips buat kalian yang mau mudik motoran, bawa bekel makanan yang tahan lama.

Setelah kenyang, kita jalan lagi menembus kemacetan. Jam 22.55 kita mendarat di rest area Komplek Pergudangan Cimohong buat istirahat. Karena biasa tidur di gunung, tidur ala mudik begini sih sepele, tidur di emperan beralas jaket berbantal ransel plus dicium nyamuk sana sini.

4 Juli 2016
Sekitar jam 03.00 gue bangun dan langsung mandi karena badan yang udah lengket. Setelah beberes, jam 03.30 kita cao lagi.
Tempat istirahat di emperan Bulog. Ngops dulu gaan !!

Istirahat sebentar di emperan BRI (kiri) - kondisi jalan Brebes yang masih macet (kanan)
 
Antrian pemudik yang mau ngisi bahan bakar
Banyak jalanan yang macet parah karena pada ngantri BBM. Ngantrinya ampe bermeter-meter jauhnya. Banyak juga yang manfaatin kondisi ini dengan menjual bensin eceran di pinggir jalan. Sampe pernah ada yang jual kalo ga salah Rp 50.000 sebotol aqua gede. Gilaaa kan.

Istirahat di pinggil jalan. Lumayan tidur beberapa menit. Hehehe
 
Jalanan udah ga terlalu padet (kiri) - Nongkrong dulu di warung kopi (kanan)

Duduk sambil ngemil cantik dulu di Indomaret
Bukan pada demo, cuma segerombolan ibu-ibu dari pasar di seberang yang mau nyiapin santapan lebaran
Dua polisi yang kompak memantau arus mudik

Konsep kreatif yang dibangun di Pekalongan dengan memasang plang Asmaul Husna di sepanjang jalan
Masjid Al-Fairus yang megah di Pekalongan. Di sekitarnya juga ada beberapa toko yang menjual batik khas Pekalongan
Beragam jenis kendaraan yang terparkir di Masjid
Merapat di kota Kendal
Di perjalanan, gue ngeliat beragam tipe pemudik. Ada yang bawa carrier (kayak kita), ada yang bawa kardus sambil ditempel kertas bertuliskan kata-kata nyeleneh, ‘OTW. Bersatu kita kompak. Bicara kita ngapak’. Banyak juga yang bawa anak mereka walaupun masih kecil. Belum lagi yang bawa ibu hamil ditambah perabotan mudik. Entahlah, sepenting itukah tradisi mudik sampai harus memaksakan keadaan. Yaa.. mungkin rasa rindu kampung halaman sudah mendera para perantau. Hahasek.


Sekitar jam 15.00 kita sampai di kota Semarang dan melipirlah kita sejenak buat ngisi perut. Dari Semarang kita menuju Boyolali lalu melewati Stasiun Purwosari sekitar jam 20.40. Aaah meskipun jarak ke rumah mbah masih lumayan jauh, seenggaknya kita udah enggak temenan lagi sama yang namanya MACET.

Makan nasi goreng sama ayam gongso di pinggiran jalan Semarang
Kita memasuki daerah Baturetno sekitar jam 22.30. Yaap ketemu malem lagi. Udah nggak ada lagi plang penunjuk jalan, ditambah kondisi yang gelap dan sepi plus baterai HP buat GPS yang tinggal sedikit. Bismillah, semoga kami dilindungi dari segala sesuatu yang mengganggu. Sampai di daerah (yang belakangan baru gue tahu namanya Gunung Pegat) gue mulai merinding. Kondisi jalan bener-bener sepi. Cuma beberapa motor dan sesekali mobil yang lewat. Gue pun bilang Mas Tri buat nambah kecepatan saat ada 2 orang naik motor yang mencurigakan. Pikiran gue kemana-mana. Gimana kalo mereka orang jahat dan bakal ngejer kita, terus motor dan barang-barang dirampok. Mending kalo cuma itu, kalo kayak di TV yang dirampok abis itu dianiaya ampe nyawa melayang. “Ibuuuuuu”, teriak gue dalem hati. Sepanjang jalan dengan kecepatan ekstra, gue cuma bisa bergaya mengheningkan cipta dan berdoa agar kita diselamatkan.

Akhirnyaaaaaaa, jam 23.00 kita sampai juga di rumah mbahnya mas Tri dengan SELAMAT.

Di Kampung
Tanggal 5 Juli 2016
Pagi hari sekitar jam 07.00 gue bersiap ke rumah mbah. Ibu dan adik-adik yang bareng keluarga bude dari Lampung udah tiba dini hari tadi.
Di halaman rumah mbahnya mas Tri
Di perjalanan menuju rumah mbah yang waktu tempuhnya sekitar 20 menit, kita masih aja kerepotan. Dari HP Mas Tri yang jatoh dari motor sampe baterai kamera yang sempet ilang karena jatoh di jalan. Setelah nyusurin jalan, alhamdulillah ketemu. Bukan karena enggak enak sama Mas Tri tapi kalo ilang beneran gue jadi enggak bisa foto-foto #eeh hehehe
Melipir sejenak di Waduk Ngancar yang berada di perbatasan Baturetno dan Batuwarno. Waduk ini cuma berjarak sekitar 200 meter dari rumah mbah.

Namanya Waduk Ngancar atau sering disebut Waduk Jarak
Berbagai aktivitas di Waduk Ngancar
Yeyeyeyeyeyey.. Sampai juga di rumah Mbah Sutijo tercintaaah

Tanggal 6 Juli 2016
Lebaran telah tibaaaaa. Akhirnya ngerasain lebaran di kampung. Setelah shalat Idul Fitri, gue dan keluarga silaturahim ke saudara-saudara. Dari satu rumah ke rumah yang lain. Kalo udah pada ngobrol bahasa Jawa, gue angkat tangan. Sempet juga diajak Bude Mur halal bihalal ke rumah kepala sekolahnya. Saat mereka menggunakan bahasa yang super alus, yang gue ngerti cuma kata ‘kulo’ (saya) Hehehe. Malam harinya gue dan keluarga nginep di rumah Mbah Tulaan.
Bersama ibu dan adek-adek di tempat mbah Tulaan

Tanggal 7 Juli 2016
Tahun ini adalah jadwal reuni keluarga besar Mbah Buyut per 2 tahun. Jadi dengan adanya reuni, diharapkan silaturahim tetap terjalin.
Suasana reuni

Tanggal 8 Juli 2016
Hari ini jadwalnya buat jalan-jalan. Gue dan Mas Tri bakal ngunjungin Obyek Wisata Gajah Mungkur di Wonogiri. Setelah sampe sana, alamaaak. Udah rame, panas, dan tempatnya lebih cocok buat keluarga yang suka piknik bawa anak. Tapi, yasudahlah. Bete boleh, berpose harus. Hehehe.
Di Waduk Gajah Mungkur
Setelah 2 jam di sini, Mas Tri ngajak ke rumah saudaranya di Pracimantoro. Di perjalanan, kita mampir di aliran waduk gajah mungkur yang biasa buat tempat mancing Mas Tri. “Nah ini baru oke”, kata gue.
Mbak lagi nyari koin mbak?

Tanggal 9 Juli 2016
Hari ini gue ikut mbah kakung ngarit di ladang. Mbah yang udah berusia 84 masih begitu gagah nyari rumput untuk pakan ternak. Gue salut sama mbah, apalagi kalo dengar perjuangannya dulu pas nyekolahin ibu. Semoga beliau selalu diberikan kesehatan. Aamiin.
Nge-ladang dulu mbak !!
Tanggal 10 Juli 2016
Kali Bedoyo yang digunakan warga untuk mandi dan nyuci

Hari ini rombongan ibu dan romobongan bis saudara dari Lampung bersiap untuk pulang. Dan rencananya gue pulang besok pagi. So hari ini gue cuma santai-santai aja, jalan-jalan ke kali, ke waduk terus nyantai di depan rumah sambil baca buku Mas Bonnex, judulnya Quantum Ikhlas.

Tanggal 11 Juli 2016
Mari berpisah lagi, Baturetno :(
Akhirnya liburan harus berakhir. Gue harus balik ke Jakarta. Berat banget buat ninggalkan kampung ini. Disini begitu damai dan tenteram. Ada sih pikiran suatu saat menetap di sini setaun atau beberapa tahun.
Gue dianter sodara gue, Mas Bonnex ke rumah Mas Tri. Dan sampe sana ternyata motor Mas Tri bermasalah. Setelah nunggu Mas Tri ke bengkel beberapa jam, akhirnya jam 14.00 gue, Mas Tri, dan si motor siap untuk bertarung di jalan menuju Jakarta. Kami berencana pulang melalui jalur Selatan karena berangkat udah lewat jalur Utara. Jadi biar pengalamannya tambah banyak gitu.. Hehehe

Pas sampe di Jogja, kita dibuat bingung ama jalannya. Kita sebentar-sebentar harus lihat peta dan nanya orang-orang. Hujan deras pun turun. Saat kita berteduh, ada orang yang ngeliat kita ngebuka peta yang selebar sajadah sambil pasang muka bingung. Dia yang tinggal di Jogja nawarin bareng dan bakal ditunjukkin jalan. Alhamdulillah. Oh ya namanya Mas Bintang.

Saat ujan udah reda, kita ngelanjutin perjalanan. Nah saat sampai di daerah Gunung Kidul, jalannya belok-belok dengan tikungan yang lumayan tajem ditambah kondisi jalan yang licin pasca ujan. Alhasil, di sebuah tikungan pada pukul 16.30 motor Mas Bintang jatuh kepeleset dan otomatis Mas Tri banting motor ke kanan.

Gue pun jatuh dan sempat tiduran di tengah jalan. Pas nengok belakang ternyata ada mobil pickup yang langsung berhenti juga. Saat itu gue kebayang, kalo ampe ketabrak, nooooooo. Alhamdulillah Allah masih melindungi kita (lagi).
Yah tangan kaki Raisa lecet deh :(
Setelah ngobatin ala kadarnya (untung bawa kotak P3K), kita jalan lagi. Di daerah Kulon Progo kita berpisah sama Mas Bintang. Dia pun jelasin detil jalan pulang dan dengan segera gue catet.

Malemnya kita makan nasi goreng pinggir jalan di daerah Kutoarjo jam 21.30. Yap setelah pencarian yang cukup lama. Padahal kalo di Jakarta warung nasi goreng itu ngejamur dimana-mana.

Beberapa kali kita istirahat di pom bensin buat sekedar ngelurusin kaki. Terus kita nginep di masjid daerah Kebumen sekitar jam 00.00. Disini kita gantian tidur dan ada kejadian kocak di sini. Pas gue tidur gue ngelindur (seperti biasanya).
Gue : (tiba-tiba duduk sambil merem) Mas tas kecil gue mana?
Mas Tri : Emang lu bawa tas kecil?
Gue : Iiiih yang itu loh, yang selempang gini (sambil meragain megang tas)
Mas Tri : Kan cuma bawa carrier (sambil bingung)
Gue : Oh (tidur lagi)

Gue mikir untung gue ngelindurnya ga macem-macem. Hadeeeh. Setelah tidur beberapa jam, kita mulai jalan lagi. Pas waktu Dzuhur kita berenti di masjid daerah Ciamis. Jalanan macet parah. Pas abis wudhu, gue pun meringis kesakitan. Gimana enggak, udah badan ama kaki pada pegel plus perih, jalanan pake macet parah. Dan akhirnya gue pun ngeluapin kesel sambil nangis, “Ibuuuu, mau pulang. Ga mau lagi mudik motoran !!”. Mas Tri Cuma bisa nenangin gue yang lagi kayak anak kecil. Hehehe.

Oh ya selama perjalanan pulang ini, gue ga banyak ngoceh, ga banyak bawel minta difoto. Ya efek kecelakaan, gue lebih banyak diem. Males mau ngapa-ngapain. Padahal pas berangkat gue yang nyanyi-nyanyi lah, ngoceh mulu, minta difoto mulu, rajin mengabadikan perjalanan buat bahan blog. Jadi gue cuma nyatet seadanya. Hahaha.

Tapi pas udah sampe Bandung, tepatnya di daerah Terowongan Lingkar Nagreg, ke-narsis-an gue kembali. Hihihihi.


Setelah sekian lama akhirnya berpose juga hehehe

Dan akhirnya sampe di kosan sekitar jam 04.30, wayahnya orang-orang lagi pada mau shalat subuh di masjid. Aaaaah bahagianya liat kasur kosan. Perjalanan ini lengkap banget deh. Ada seneng, sedih, capek, bete, seru, dan yang penting udah ngilangin rasa penasaran gue mudik motoran. Tapi, dibilang kapok sih, enggak ya. Walaupun sempet kesel akibat kecelakaan, tapi masih pengen ngerasain lagi. Kalo kata orang Jawa mah kapok sambel.

Ok, sekian cerita perjalanan gue dalam Mudik Motoran Rasa Nano-Nano.. See you next time !!!


Catatan :
Perjalanan Jakarta - Kampung
3 Juli 2017
Kost Gue – Rumah Mas Tri : 05.15 -05.30
Rumah Mas Tri – Cikarang : 05.30 – 07.50
Cikarang – Karawang : 07.50 – 08.15
Karawang – Subang : 08.30 – 09.30 (istirahat 15 menit)
Subang – Indramayu : 09.30 – 11.00
Indramayu – Cirebon : 11.00 – 13.15 (istirahat 45 menit)
Cirebon – Brebes : 13.15 – 20.40 (istirahat 3 jam 15 menit)
Brebes – Tegal : 20.40 – 07.55 (istirahat 6 jam)
4 Juli 2017
Tegal – Pemalang : 07.55 – 09.30
Pemalang – Pekalongan : 09.30 – 11.00 (istirahat 40 menit)
Pekalongan – Kendal : 11.00 – 13.45 (istirahat 1 jam 25 menit)
Kendal – Semarang : 13.45 – 15.00 (istirahat 35 menit)
Semarang – Salatiga : 15.00 – 19.05 (istirahat 2 jam 25 menit)
Salatiga – Boyolali : 19.05 – 19.30
Boyolali – Solo : 19.30 – 20.40 (istirahat 20 menit)
Solo – Baturetno : 20.40 – 23.00

Total Perjalanan :
41 jam 45 menit – istirahat 15 jam 40 menit :
26 jam 5 menit

Perjalanan Kampung – Jakarta
11 Juli 2017
Rumah Mbah Mas Tri : 14.00
13 Juli 2017
Kost Gue : 04.30

Total Perjalanan :
38 jam 30 menit – istirahat ? (efek males nyatet pasca kecelakaan)


2 Comments

  1. Ya ampun, gilaaaa total perjalanan 38 jam 30 menit, hahah
    Tp emg seru naik motor sih..

    ReplyDelete
  2. Whaaat? Puluhan jam di atas motor kak, pasti pegel banget tapi sebanding lah sama rasa puasnya mudik motoran.

    ReplyDelete