Belajar Legowo di Gunung Sindoro

Setelah sekian lama “libur panjang” (padahal baru 3 bulan), akhirnya gue berencana pergi ke ketinggian lagi (baca : gunung). Bersama Bang Kemal, Zen, Yoga, dan Kak Tanti, kita akan ke Gunung Sindoro via Kledung di Temanggung. For your info, Bang Kemal ini gue kenal pas ke Gunung Gede, Yoga di Gunung Pangrango, Zen di Gunung Slamet, dan Kak Tanti (temannya Zen) baru aja kenal di perjalanan Sindoro kali ini. Intinya gue kenal mereka semua karena gunung.

Tanggal 9 September 2016, jam 17.00 kita kumpul di Terminal Kampung Rambutan. Setelah beberapa lama Zen nyari bis jurusan Wonosobo, akhirnya kita naik bis Pahala Kencana, dan ini bis terakhir kesana. Alhasil Zen pun harus duduk di kursi tambahan di belakang. Bis mulai jalan jam 19.00.

Di perjalanan, gue ngabisin waktu buat tidur, ya itung-itung nabung istirahat. Jam 05.15 kita sampai di Terminal Mendolo. Kita pun leha-leha sebentar, ngopi-ngopi cantik sambil nyemil gorengan. Jam 06.15 kita naik bis kecil menuju basecamp Kledung dan sampai jam 06.45.

Gardu pintu masuk Gunung Sindoro via Kledung.

Tanda jalur pendakian ke Gunung Sindoro yang letaknya di seberang gardu pintu masuk.

Pendakian kali ini cukup ramai. Selain itu juga kata mbak warung, hari ini ada acara penanaman pohon. Di sekitar basecamp ini ada aula untuk istirahat, ada masjid, ada beberapa warung. Kira-kira 10 menit ke arah barat ada pasar. Setelah mandi dan repacking, gue, Bang Kemal, dan Yoga ke pasar buat beli tambahan logistik.

Perjalanan menuju pasar dengan background jemuran tembakau

Gardu Selamat Datang Wonosobo Asri

Pasar Reco

Di basecamp ini ada jasa ojek dengan tarif Rp 15.000/orang yang akan mengantar ke Pos 1. Kita lebih milih jalan, yaa itung-itung buat pemanasan selain itu cuaca sepertinya sedang bersahabat. Setelah berdo’a bersama, jam 09.55 kita mulai jalan.

Foto bareng Kang Ojek di depan Basecamp
Kita melewati rumah penduduk, kemudian kita dipertemukan dengan perkebunan tembakau, dan beberapa tanaman yang gue gak tau taneman apa (maklum gue tau pohon cabe aja kalo ada cabenya hehe). Daerah Temanggung ini memang terkenal dengan produksi tembakau. Menurut petani yang kita temuin di jalan, saat ini lagi musim hujan, jadi kualitasnya menurun sehingga harganya pun ikut menurun.

Udara Sindoro hari ini sangat menenteramkan. Aaah rasanya kalo udah berada di kawasan seperti ini, pengen rasanya menetap tinggal di kampung.

Di tengah perkebunan menuju Pos 1
Para Bujang Kece
Para Bidadari Cantik

Kita sampai di POS 1 jam 11.05. Total waktu perjalanan Basecamp – Pos 1 yaitu 1 jam. Di sini kita istirahat sebentar dan ngemil-ngemil cantik. Di sini ada gubuk untuk istirahat, dan ada juga gubuk untuk parkir para Kang Ojek.

Pos 1
Kawasan Wajib Senyum. Keep Smile !!

Parkiran motor para Kang Ojek

Kita melanjutkan perjalanan jam 11.35. Kita sudah mulai memasuki hutan. Treknya masih terbilang landai. Jam 12.00 kita berhenti lagi buat icip-icip melon yang dibeli tadi di pasar. Jam 12.30 kita jalan lagi. Gak tau kenapa kaki kok rasanya berat banget buat jalan.

Kita sampai di POS 2 jam 13.25. Di sini kita nge-mie 2 bungkus berlima. Apapun makanannya, kalo di gunung mah pasti dijamin enak apalagi kalo sambil ditemenin kopi. Kita lanjut perjalanan lagi jam 14.10.

Leha-leha di Pos 2
Hadeeeh. Perjalanan kali ini gue manja banget. Dikit-dikit istirahat. Gak tau kenapa. Efek ga olahraga sebelumnya, atau masih dalam masanya “cewek”, atau efek make sepatunya Si Chicken (si chicken ini ada di cerita Pangrango), atau terlalu arogan mau double S kalo masih keburu. Aaaaah, rasanya jauh lebih capek daripada perjalanan ke Gunung Slamet. Mau cepet-cepet nyampe tenda trus leha-leha.

Ngos-ngosan euy !!!

Perjalanan menuju Pos 3
Bang Kemal ama Zen udah jalan duluan, eh ternyata mereka jemput kita. Mereka udah dapet spot buat ngecamp di atas Pos 3 yang ga begitu jauh dari sini. Alhamdulillah, layaknya superhero, mereka nyusulin kita buat bawain carrier gue dan Kak Tanti.
Kita sampai di Pos 3 jam 16.30. Para lakik mulai bangun tenda, dan para bidadari cantik ini yang bikin minuman buat abang-abang. Abis itu kita pun siap beraksi buat masak. Menu kali ini, kentang goreng, tumis kol campur telor, bakwan, kerupuk udang, mie rebus.

Calon ibu rumah tangga idaman ehehehe

Makan malam yang sebagian udah ludes

Setelah kenyang, kita pun nenda. Oh iya lokasi tenda kita agak di atas dari POS 3 dan pas banget latar belakangnya Gunung Sindoro. Tapi di sisi lain, karena ga ada pohon, ga ada tenda lain karena paling pinggir, ya jadinya langsung kena angin deh. Kebayang kan dinginnya. Brrrrrrr.

Di tenda, gue dan Kak Tanti yang baru kenal ini, ngobrol ngalor ngidul ampe malem. Kak Tanti yang gokil ditambah logat bataknya, jadi bikin gue ngakak terus. Dia orangnya emang cuek banget. Dia menganut prinsip BE YOUR SELF. Dia juga ngajarin ga perlu jaim (jaga image), ngapain cuma mau dianggap sempurna sama orang lain, terus kita jadi sosok yang bukan diri kita sebenernya.

Akibat ngobrol ngalor ngidul, bidadari cantik ini baru tidur sekitar jam 23.00. Rencana besok kita mau bangun jam 02.00. Catet ya jam 02.00.

Memandang Sunrise dari Pos 3

Faktanya, kita baru bangun jam 05.00. Padahal alarm udah gue setting 3 kali, tapi tetep aja. Efek tidur malem dan kedinginan juga sih, jadi mager banget mau bangun. Setelah bangun, kita pun nyeduh minuman dulu baru cao jam 06.30. Ga kayak kemaren, kali ini gue semangat membara buat menuju puncak. Ditambah udah istirahat, udah gitu ga perlu bawa carrier.

Karena kita berlima belom pernah ada yang ke Sindoro, jadi cuma modal ngikutin orang aja. Dan alhasil kita pun salah jalan. Dari sunrise camp kita malah ke arah kanan ngelewatin padang alang-alang. Ga ada jalur, lumayan curam. Pokoknya lumayan lah kalo gelinding. Tapi, sisi positifnya kita malah dapet spot buat foto yang antimainstream

Para Tuna Asmara (baca : jomblo) yang kagum memandangi gagahnya Sumbing

Candid meeen !!!

Keep stepping !!
Ya mau gimana lagi. Kita tetep ngelanjutin daripada harus balik lagi ke sunrise camp yang jauh bukan main. Disini kita malah ketawa ketiwi nikmatin semuanya. Yang malah ngaso mandangin Sumbing lah, yang foto-foto lah, ada orang (Bang Kemal) yang ninggalin jejak lah, ampe kita bikin video lompat gitu. Gue pun ikut-ikutan Bang Kemal bikin video lompat. Dengan gayanya yang petakilan, gue lari di turunan terus lompat. Dan alhasil gue pun jatoh dan nubruk Kak Tanti. Hadeeeh. Semua pun malah ketawa ngekek. Agak deg-degan juga sih, kebayang kalo gue jatoh gelinding terus masuk berita. Terus motifnya karena mau bikin video lari di turunan terus lompat. Kan ga lucu.

Di turunan inilah Raisa (gue) jatoh

Tanda merah adalah jalan yang bener. Lumayan jauh kan. Adek ngaso dulu dah bang !!

Ngeliat jalan yang semakin ga bisa dilaluin, kita pun akhirnya nyeberang ke arah jalur yang bener. Setelah sampe, kita pun ngeliat lagi jalur yang udah kita laluin. Gue cuma geleng-geleng kepala. Gimana bokap gue ngeliat beginian ya, bisa tambah diultimatum gue ga boleh naik gunung lagi.

Ternyata jalan di jalur yang bener lumayan bikin cape juga. Banyak bebatuan gitu. Dan pastinya banyak seliweran pendaki-pendaki lain. Kita pun terus jalan mengharapkan puncak. Di tengah perjalanan menuju pos 4 yang katanya “sebentar lagi” (hati-hati biasanya dilontarkan pendaki yang turun, sebentar lagi = lumayan jauh) Yoga malah ga ada di belakang. Kita udah tungguin lama, tuh anak gak nongol-nongol. Zen pun angkat bicara “Gimana nih masih mau maksain ke puncak? Pertama, Yoga ketinggalan. Kedua, air kita tinggal seperapat botol yang pasti ga bakal cukup buat berlima ke puncak plus turun. Ketiga sekarang udah jam 09.00 nyampe puncak udah nyenget banget matahari.

Gue pun bingung. Di satu sisi, puncak adalah pencapaian sempurna saat pendakian. Khusus untuk Sindoro, bisa foto pose HULK di batu Tatah Pos 4 gak papa deh. Tapi di sisi lain, kondisinya ga memungkinkan. Kalo cuma berdua, persediaan air mungkin bisa cukup ditambah malakin seteguk-seteguk ke pendaki lain  yang turun. Nah, cuma Yoga ini, takutnya dia kenapa-kenapa, mana dia ga megang air. Gue ga enak ninggalin dia. Kemaren pas dari pos 2 ke pos 3 aja gue ditemenin dia, masa sekarang mentang-mentang gue udah fit, Yoga gue tinggalin. Akhirnya sebelum nyampe pos 4 kita turun lagi.

Antara Pos 3 dan Pos 4 ini juga ada beberapa batu gede gitu. Yah yaudahlah batu Tatah ga dapet. Di salah satu batu juga oke.

Foto ala HULK kesampean juga
Saat di atas lihatlah ke bawah, niscaya kamu akan bersyukur #aseek
Memantau calon suami yang tak kunjung datang #eeeh

Setelah beberapa menit turun, kita ketemu ama Yoga yang lagi ngaso bareng pendaki lain yang gagal muncak, Anton dkk. Dia orang Wonosobo dan temen-temennya ada yang dari Jakarta, ada yang dari daerah lain juga. Jadilah kita bersepuluh dengan nasib yang sama. But, view disini juga bagus looh, sooo mari berfoto-ria.

Gagal mucak? Boleh.. Ceria? Harus

Dalam masa penenangan diri efek gagal muncak, eh kita malah ketemu Catra sama Arin. Siapa mereka? Mereka pendaki cilik yang abis turun dari puncak. Empat jempol buat adek-adek ini. Duuuh malu kakak dek sama kalian. Menurut gue keren banget mereka yang masih kecil, tanpa ngerengek bisa nyampe puncak. Gak keliatan capeknya. Dan appreciate juga buat orang tuanya yang ngedidik mereka dari usia dini untuk mengenal alam. Bukan dengan nge-mall, nge-gadget, dan segala yang berbau modern.

Bersama Catra dan Arin, para pendaki cilik
Sampe di sunrise camp kita ketemu legend Sindoro, Pak Kuat. Pak Kuat ini jualan air dan biasanya gorengan. Berhubung gorengannya abis, kita cuma beli air. Harganya Rp 15.000. Yang bilang itu mahal, keterlaluan. Bayangin Pak Kuat ini bawa dari bawah ke atas dengan usianya yang udah 45 tahun. Kalian aja beli ke emol (maksudnya mall) ga pernah pake nawar, keterlaluan kalo beli air di Pak kuat pake nawar, protes, apalagi ngedumel di belakang. Hargailah beliau.

Setelah air seger yang masuk ke kerongkongan, gue ama Kak Tanti seneng bukan main. “Air dari surgaaaaaaa!!!”, kata gue ama Kak Butet.

Setelah perjuangan panjang, kita nyampe di Pos 3 lagi jam 12.30. Waktu kita banyak kekures pas salah jalan itu, yang seharusnya 2 jam udah bisa nyampe Pos 4, malah masih ngebreak di tengah Pos 3 – Pos 4. Ya mau gimana lagi. Kita ga mau maksain kalo emang sikon (situasi kondisi) gak memungkinkan. Abang Zen yang sampe duluan lagi masak nasi. Gue ama Kak Tanti mulai nyiapin bahan-bahan masakan. Menu kali ini ajib banget. Sayur asem, sambel ikan asin, tempe goreng, dan kerupuk udang. Hehehe. Rasanya bukan maen. Sayur asem buatan gue ditambah sambel ikan asin buatan Kak Tanti bikin puas banget dah. Kayaknya kita udah siap jadi ibu rumah tangga nih #eeeeh

Maknyooos lah poko'e !!
Selese kita masak eh gerimis. Sekarang masih Minggu, 10 September 2016. Waktu masih banyak. Logistik masih banyak. Gas masih banyak. Minum bisa beli di Pak Kuat. Badan masih mager buat jalan turun. Dan keputusannya, kita bakal nginep semalem lagi di sini. Ye ye yeeey !!!

Setelah makan, para bujang boci (bobo ciang) dan gue ama Kak Tanti ngobrol. Setelah cape cuap-cuap kita pun ikutan bobo. Gue yang ga biasa boci, jadi malah bingung mau ngapain. Sayang ga ada yang bawa kartu kek apa kek. Saking modern, maenan anak jaman sekarang semua ada di HP. Saat lobat Wassalam.

Malemnya ujan deres. Si Zen nampung air ujan. Lumayan buat nyeduh kopi ama masak mie. Hehehe. Pokoknya di gunung, apapun jadi dah. Kita juga masak orek tempe sama kol goreng. Lumayan buat nyemil. Tapi kata Kak Tanti biasanya kebanyak makan kol bisa bikin buang gas mulu. Aah bodo lah, sehat malah.

Gue ama Kak Tanti mulai aksi curhat. Tenda cewek kedatengan tamu, si Bang Kemal yang ikut nimbrung ngobrol ama bidadari-bidadari cantik ini. Pokonya ngekek terus dah kalo ngobrol ama Kak Tanti yang gila ini. Padahal kita baru kenal tapi udah bisa gila bareng. Ya inilah hebatnya pendakian. Mendekatkan yang tadinya belum kenal. So, buat kalian yang kuper, temen dikit, sering stress, main-mainlah ke gunung. Dijamin bahagia sentosa. Hehehe

Tiba-tiba si Zen bersuara minta tolak angin. Ternyata masuk angin dia. Langsung lah dibikinin teh dicampur tolak angin, dan dipijetin Bang Kemal. Yaah, semoga besok dia udah baikan. Tinggal gue ama Kak Tanti di tenda cewek. Kita malah perang kent*t efek kebanyakan makan kol. Hahaha.

Besoknya gue bangun jam 05.30 buat liat sunrise. Abis itu, tidur lagi. Hehehe. Bangun-bangun gue sekitar jam 07.00. Logistik kesisa telor, nasi, mie. Karena ngirit air, kita masak martabak mie. Oh iya melon juga masih ada, lumayan buat ngebasahin bibir yang udah mulai kering dan perih.

Nyiapin sarapan Martabak Mie

Selesai makan, kita khususnya gue ama Kak Tanti mulai menuhin memory HP Bang Kemal (secara kamera hpnya paling bagus) buat foto-foto. Beruntungnya kita, Mbah Sumbing keliatan banget gagahnya. Kertas-kertas yang niatnya kemaren mau difoto pas di puncak, baru bisa diabadikan pagi ini.

Hey (....) #sensor

Senyum itu Ibadah, kakaaaak !!
Selesai foto-foto kita beberes bersiap turun. Aaah ga rela ninggalin Sindoro. Masih betah. Tapi ya Jakarta udah teriak-teriak nyuruh kita pulang. Jam 09.30 kita udah siap turun.

Di perjalanan kita ketemu orang yang jualan air (bukan Pak Kuat) dan langsung beli berhubung stok air menipis karena pas kemaren mau beli udah abis. Kita lanjut jalan lagi. Eh ga jarak lama, kita ketemu Pak Kuat. Kita pun berenti sekalian istirahat. Kita beli air minum, mie buat nyemil, sama rokok (buat cowok loh), sama sekalian ngobrol-ngobrol ama Pak Kuat sambil ngopi. Dari ngobrolin keluarga Pak Kuat, legenda Sindoro-Sumbing, keseharian Pak Kuat, sampe kita juga ditawarin buat mampir ke rumahnya.

Berebut foto sama Artis Sindoro
“Di rumah ada ibu kok. Mampir aja dek. Disana nanti bisa mandi. Nanti juga bisa minum-minum, sama nanti ibu masak. Dateng dateng aja gak usah ngasih apa-apa karena kita seneng kalau ada yang mampir. Saya dapet rejeki dari pendaki, makanya saya balikin lagi ke pendaki”, kata Pak Kuat.

Dari perkataan Pak kuat, gue nyimpulin beliau gak ada maksud buat ngebisnisin dan kalimat terakhir perlu digarisbawahi. Jaman sekarang, orang kayak Pak Kuat jarang banget gue temuin di Jakarta. Kita pun menanggapi kalau waktunya cukup nanti kita mampir. Karena Pak Kuat mau ke atas, dan takut ga ketemu lagi, kita pun mengabadikan moment.
­­

Setelah istirahat 1 jam, kita sampe di Pos 2 jam 11.30. Gue kalo buat urusan turun sih semangat 45. Kadang-kadang malah lebih seneng sambil lari kalo tracknya aman. Disini kita istirahat 30 menit.

Kita jalan lagi jam 12.00. Ga jauh sebelum Pos 1 ada ibu-ibu yang jualan nasi bungkus ikan asin, gorenan, sama teh manis. Pas banget padahal sepanjang perjalanan tadi gue ngidam gorengan. Kita pun makan dengan lahap.

Sampai di Pos 1 kita jam 13.00. Beberapa pendaki lain lebih memilih naik ojek. Kita? Tetep jalan. Hehehe. Dan sampailah di rumah Kuat jam 13.30. Nyampe sini, kita disambut hangat sama istri Pak Kuat. Langsung dibikinin teh sama dikeluarin kue-kue di meja.

Nyantai di rumah Pak Kuat
Kita gantian mandi. Tadinya gue mager buat mandi, tapi badan udah lengket, rambut lepek, mulut asem, ya apalah daya. Selesai kita mandi dan packing ulang, Pak Kuat sama beberapa pendaki lain dateng. Ibu yang lagi di dapur lagi sibuk masak, dan ternyatan ibu masak buat kita. Bener-bener jadi gak enak deh. Di ruang keluarga, udah disiapin nasi, lengkap dengan sayur, lauk, dan sambelnya. Kita sama Pak Kuat pun makan bareng. Oh iya pendaki dari team lain disini cuma mampir mandi, abis itu jalan lagi.

Setelah kenyang, ngobrol-ngobrol ama keluarga Pak Kuat, kita pun pamit. Saat kita cuma bisa ngasih jajan sekedarnya buat anaknya (berhubung kantong cekak dan atm jauh) malah dibilang ga usah, katanya kita mampir aja udah seneng. Kita bilang aja “tanda tresno”. Bersyukur banget bisa kenal keluarga Pak Kuat yang baik banget, yang sederhana tapi punya jiwa berbagi yang luar biasa. Beliau ga takut kekurangan rejeki. Ini yang patut kita contoh.

Kita jalan dari rumah Pak Kuat jam 17.00. Waaaw lama banget. Kita terlalu betah disana ampe gak memperhitungkan waktu. Mana udah gerimis lagi. Kita pun nyempetin waktu ke toko souvenir deket rumah Pak Kuat, soalnya takut di basecamp ga ada. Setelah itu kita sampe Basecamp jam 17.30 buat ngelapor. Ternyata sodara-sodaraaaaaa, kita dapet kabar kalo bis ke Jakarta jam segini udah ga ada. Saat gue bilang Anton yang gue kenal di atas kemaren, malah nyuruh mampir rumah dia soalnya lagi nyate-nyate dan nyaranin balik besok. Kita tetep nyoba usahain balik malam ini.

Alhamdulillah dari sini masih ada bis ke terminal Mendolo. Kita jalan jam 18.00. Tapi kita malah diturunin di tengah jalan. Kita pun ngelanjutin dengan numpang pick up dari hasil nyetop di jalan. Sampailah kita di terminal Mendolo jam 18.30. Dan Alhamdulillah kita masih dapet bis ke Jakarta. Walaupun harganya agak dinaikin. Jam 20.00 bis dengan penumpang kita berlima doang, jalan menuju Jakarta. Berasa nyarter dah kita. Di perjalanan bisnya ngetime lama pake banget nungguin penumpang di Terminal Purwokerto. Alamaaak. Ga selese di situ, sopirnya ternyata cuma 1 jadi bis berenti sekitar 2 jam karena si sopir yang keliatannya masih bocah ini mau istirahat dulu, dari pada ngantuk terus maksain malah bisa kenapa-kenapa.

Akhirnya kita sampe di Kampung Rambutan Selasa, 13 September 2016 jam 10.00. Dan gue pun akhirnya tetep ngajuin cuti karena gak keburu buat ngantor. Aaah yaudah lah mau gimana lagi.

Overall, perjalanan kali ini seru walaupun ada beberapa hambatan. Salah satunya gagal mucak. Tapi dari situ kita belajar makna dari legowo. Kebahagiaan gak selalu tentang puncak, tapi susah senang bareng sahabat itu yang lebih berharga.
See you mountaineers !!!!