Anugerah dari Ketidaksengajaan

Suatu hari di bulan November 2014, ibu ngasih tau kabar yang unbelievable.
Rin, ibu udah telat dateng bulan, feeling ibu hamil deh”
Antara percaya ga percaya, gue diam sejenak. Mencoba mencerna kata-kata ibu barusan. Gue Kharin yang berumur 22 tahun bakal punya adik bayi ketika beberapa teman sebaya gue udah mempunyai momongan.
For your information, gue anak pertama dari 3 bersaudara. Untuk saat ini. Dan sekarang ibu hamil anak keempat. Ibu yang umurnya 44 tahun, sempet bingung apa emang hamil atau tanda-tanda mau menopause. Setelah beberapa waktu, agak mual, feeling ibu ya emang bener hamil, dan feeling ibu selalu bener. 
Inget saat-saat gue pernah bilang, “Bu, rina pengen punya adek lagi deh. Seru pasti.”
Ibu pun ngejawab cuek, “Ya kamulah, udah gede nikah sana, punya anak sendiri. Ngawur aja mau punya adek lagi”.
Sering juga pas ibu lagi tiduran, yang emang semenjak punya anak 3, badannya melebar plus perutnya agak ke depan (aka buncit), gue sering ngelus-elus perut ibu. “Eh gerak-gerak bu. Halo dedek jangan bandel ya.”, sambil naro pala gue di perut ibu.
Ibu pun lagi-lagi ngejawab, “Stress ya rin kamu. Ntar ada malaikat lewat bisa diaminin dah”.

And see? Sepertinya malaikat waktu itu mengamini omongan gue.
Denger kabar itu, adek bontot gue juga seneng banget. Dan gue? Ga usah ditanya senengnya bukan main. Bayangin di rumah bakal ada bayi yang bisa gue unyel-unyel. Seakan kayak punya boneka hidup. Aaaaah gue ga sabar nunggu dedek lahir. Kalo ade cowo gue, Abi yang orangnya cuek, cuma bilang “Iya apa? Oh”. Tapi gue yakin dia pasti seneng juga kalo ngeliat dari mimik mukanya.
Berbeda ama ibu gue. Dia biasa-biasa aja. Dia sebenernya ga pengen punya anak lagi. 44 tahun brooo. Udah gitu apa kata sodara-sodara nanti. Bukan kepayang malunya. Ceritanya sih ibu gue yang biasa minum pil KB, mulai ga teratur minumnya gara-gara ngerasa ga mungkin lah bisa punya anak lagi. Yah itulah KETIDAKSENGAJAAN.

Bulan demi bulan berganti.
Ibu bapak gue udah bisa bersyukur atas ketidaksengajaan ini. Mau ga mau, suka ga suka, yah inilah titipan Allah S.W.T. Ketika banyak orang tua di luar sana yang belum dianugerahi anak setelah bertahun-tahun menikah. Nah ortu gue malah dilimpahi rejeki berupa anak. Ibu bapak gue cuma bisa berdoa semoga dedeknya bawa berkah dan jadi anak yang sukses dunia akhirat.
Tanggal 11 Juli 2015, gue ijin ga masuk kuliah, karena gue mau nganter ibu USG. Karena penasaran ama bentuk jelasnya debay (dede bayi). Gue ama ibu gue pun ke Klinik Al-Basyariah. Disitu bisa USG 4 dimensi. Pelayanannya bagus banget ga kayak USG sebelum-sebelumnya (tempat dirahasiakan karena dapat menimbulkan isu pencemaran nama baik. Hehehe). Meskipun kita nunggu selama kurang lebih 3 jam. Hasilnya cukup memuaskan. Ini foto USG yang bisa dibawa pulang.


Dokternya ramah banget. Gue pun nanya resiko persalinan kalo udah tua. Apa bisa normal atau caesar? Temen-temen kantor gue nyaranin buat caesar karena resikonya gede dan ada beberapa cerita nyeremin kayak ada yang udah umur di atas 40 tahun maksain lahir normal eh malah tulangnya kegeser apa gimana gitu jadi malah cacat ibunya. Dokter di tempat USG dan check up sebelumnya juga malah nakut-nakutin dan ada kejadian lucu juga sih. Ceritanya kita masuk ruangan dianter perawatnya. Ibu gue disuruh tidur ama perawat dan gue duduk di tempat konsultasi. Kebetulan dokternya belum ada. Nah saat si dokter udah masuk ruangan. Dia ngambil peralatannya di meja depan gue. Trus dia ngeliat kearah ranjang.
Loh ibu ngapain tidur di situ?”, sambil nunjukin tampang sinis.
Ya dia dok yang hamil”, kata perawatnya.
Kita pun cengengesan. Disangkanya gue kali yang hamil.
Dia ngelanjutin, “Loh ibu umur berapa? Nanti kalo anaknya udah gede ibu udah umur berapa? Ibu harus ikut BPJS loh soalnya kan ibu udah berumur trus kalo persalinanya takut beresiko tinggi. Ibu susah kalo persalinan normal, kayaknya harus caesar. Aduh ibu, ibu !”
What? Nih dokter kok malah jadi nakut-nakutin. Dari situ ibu mulai down. Takut kenapa-kenapa.
Nah balik lagi ke klinik Al-Basyirah. Dokter yang ramah pake banget itu, ngeliat data tentang ibu gue. Intinya dia malah ngasih semangat. Ngeliat semua kondisi dari posisi bayi, bentuknya, kadar ketubannya, dll, plus riwayat ibu gue yang ngelahirin 3 kali normal semua. Dokter malah bilang enggak papa kalo mau persalinan normal. Keadaan ibu memungkinkan kok persalinan normal. Ibu gue emang lebih siap persalinan normal dari pada caesar lebih ngeri katanya. Bayangin perutnya dibedah. Belum bekasnya. Belum proses recoverynya yang lama. Yah apa yang terjadi terjadilah.
Oh iya. Hasil USG menjelaskan kelamin calon dedek gue itu LAKI-LAKI. Alhamdulillah emang gue pengen adek cowok biar kita pas 2 pasang. Gue cewek – Abi cowok – Nisa cewek – Dedek cowok. Siap-siap lah menghapus daftar calon nama cewek dan memfilter buat nama-nama bayi cowok.

3 Agustus 2015
Udah dari kemaren, ibu gue ngerasa mules. Tanda-tanda mau lahir gitu. Gue pun langsung minta ijin cuti mendadak buat hari ini.
Jam 15.00 gue ke bidan deket rumah. Disitu masih ada 2 orang yang nunggu lahiran. Kayaknya ga memungkinkan lahiran di situ. Gue pun langsung inisiatif beralih ke puskesmas yang fasilitasnya juga udah bagus.
Jam 15.30 kita sampe di puskesmas. Gue cuma bawa barang-barang seadanya. Selagi ibu diperiksa, gue pun ngurus registrasi. Setelah beberapa menit, bidannya bilang kalo ibu udah bukaan 2. Berhubung katanya masih lama. Gue pulang ke rumah dulu buat bawa barang-barang yang kurang. Plus bawa bapak gue dan adek cewek gue. Di jalan menuju puskesmas, ibu gue nelpon katanya muntah-muntah dan suruh cepet gue kesana.
Setelah sampe di puskesmas, ibu udah bukaan 5. Gue ngeliat kondisi ibu, kasian. Mukanya pucet. Bapak gue yang notabene bukan orang yang romantis, jadi mendadak care banget ama ibu.
Pas maghrib, ibu gue udah tambah mules. Bapak gue pun sholat dulu, sekalian doain juga supaya persalinannya lancar, ibu gue sehat dan calon dedeknya pun  sehat. Bidannya bilang, kalo kemungkinan masih lama, paling malem sekitar jam 10an. Gue pun keluar ruangan mau sholat dulu. Pas mau sholat, bidan bilang suruh gue cari teh anget buat ibu. Gue pun langsung nyari sama Nisa. Keinget ibu pasti ga enak makan nasi. Gue sekalian nyari bubur, dan Nisa gue suruh beli teh anget.
Setelah gue beli bubur, gue ke tempat tadi, Nisa udah ga ada. Pasti dia langsung ke puskesmas karena nunggu gue lama.
Sesampainya di puskesmas. Taraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang !!!!!!!!!!!!




Dedeknya udah lahir. Padahal gue pengen banget ngeliat proses lahirannya. Tapi malah telat. Bidannya pun ga nyangka kalo secepet itu. Alhamdulillah ibu dan adek gue sehat.
Jam kelahiran : 18.30 WIB
Berat : 3.700 gram
Panjang : 49 cm
Amazing banget. Gue bangga ama ibu dengan umur yang udah 44 tahun. Proses kelahiran normal dan berat yang waw binggo 3.7kg !!!  Gue sempet ngeliat darah yang bejibun dan bidan yang lagi narik ari-ari. Gue pengen nangis liatnya bayangin perjuangan seorang ibu buat ngelahirin. Bener-bener keajaiban Allah S.W.T. Dan inilah kenapa “surga ada di telapak kaki ibu” Setelah puas liat situasi tersebut, gue pun sholat dan mengucapkan syukur karena Allah telah memberikan kelancaran buat persalinannya.

RADITYA WIDI ATHARAZKA
Bermakna matahari yang menyinari dengan kebaikannya dan menganugerahkan rezeki yang suci. Inilah “ANUGERAH DARI KETIDAKSENGAJAAN” yang dilimpahkan kepada keluarga kami. Semoga ia bisa menjadi anak yang membanggakan untuk keluarga, bangsa, dan agama. Amin ya rabbal alamin.



4 Agustus 2015


09 Agustus 2015


15 Agustus 2015


16 Agustus 2015




20 Agustus 2015



23 Agustus 2015





06 September 2015



3 Comments

  1. rezeki yang engga bisa di prediksi dan di tolak siapapun

    apapun itu ... bersenanglah karena tuhan tau mana yang baik buat umatnya

    jadi mpok yg bae ... jgn di tinggal mulu adenya haha kalo bisa ajak ke puncak gunung kalo udh waktunya

    ReplyDelete
  2. rezeki yang engga bisa di prediksi dan di tolak siapapun

    apapun itu ... bersenanglah karena tuhan tau mana yang baik buat umatnya

    jadi mpok yg bae ... jgn di tinggal mulu adenya haha kalo bisa ajak ke puncak gunung kalo udh waktunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bang.. Rejeki dari Yang Di Atas.

      Hehehe pasti bang ane bakal berusaha jadi mpok yang baek, yang bisa kasih contoh yang baek juga..

      Wah pasti itu bang, untuk awal ntar aye ajak ke Papandayan dulu lah hahaha

      Delete